…Multiculture
Chard…
Latar belakang
Media pemebelajaran ini
kami desain dengan berangkat dari keprihatinan terhadap bertumbuh pesatnya
sekolah dengan basis agama. Yogyakarta adalah salah satu kota pendidikan dengan
jumalh sekolah yang cukup banyak. Sekolah yang ada di Yogyakarta tentunya
terdiri atas 2 jenis, yaitu sekolah negeri dan sekolah swasta. Sekolah swasta
yang adapun juga beragam jenisnya, mulai dari sekolah berbasis cinta
lingkungan, inkulsi, sampai agama. Agama merupakan perbedaan yang sangat riskan
untuk dibicarakan di tengah masyarakat yang pluralis seperti di Indonesia ini. SD
merupakan tempat dimana karakter siswa untuk dibentuk dari awal, siswa yang
bersekolah di sekolah yang berbasis agama tentunya memiliki batasan pengetahuan
akan kemajemukan masyarakat terytama dalam hal agama. Kurang terasahnya rasa
toleransi antar umat beragama merupakan hal yang mungkin terjadi dalam hal ini.
Cara penggunaan media
1.
Siswa
dikenalkan dengan bagian depan kartu
2.
Siswa dituntun
untuk membaca setiap kalimat dalam kartu
3.
Siswa diajak
untuk menuliskan namanya agar dia merasa bertangungjawab atas ajakan yang telah
ia baca
4.
Siswa diajak
berefleksi lewat lembar Komentar yang ada
Tujuan
1.
Mengajak siswa
untuk sadar akan keberagaman agama di Indonesia
2.
Mengajak siswa
untuk saling menghargai antar umat beragama
3.
Mengajak siswa
untuk menerima setiap perbedaan
4.
Menciptakan
generasi yang tidak mengkotak-kotakan manusia dengan agama
Deskripsi Implementasi
Kelompok
kami mengimplementasikan media pada anak les yang kami bimbing. Siswanya berjumlah
10 anak dengan tingkatan kelas meliputi kelas III, IV, V, VI yang bersekolah di
SD yang berbeda. Sekolah tempat mereka belajar merupakan sekolah yang berbasis
agama, ada yang dari SD Kanisius, Jon Bosco, Muhamadiyah, dan hanya beberapa
siswa yang berasal dari sekolah yang multikultur yaitu SD Negeri. Siswa kami berikan kartu multicultural itu
pada siswa dan menuntunnya untuk membaca setiap kata-kata setelah itu siswa
menuliskan nama mereka masing-masing pada kartu itu. Setelah membaca siswa
diminta menuliskan komentar pada lembar komentar.
Tim kreatif
Triyanti, Erming, Helmi, Endah,
Lusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar